Penyakit Typus dan Cara Mengobati

Apa itu Typus?
Merupakan penyakit infeksi akut usus halus, disebabkan oleh sejenis bakteri yaitu Salmonella typhi. Penyakit ini merupakan endemik di Indonesia sebagai daerah tropis, dapat terjadi sepanjang tahun dan hampir di semua daerah di Indonesia. Dapat menyerang segala usia, tapi paling sering menyerang anak-anak.
Bagaimana Terjadinya?
Kondisi tubuh yang tidak fit, menyebabkan daya tahan tubuh menurun mudah terserang penyakit ini. Bakteri Salmonella typhi masuk tubuh manusia melalui makanan dan air yang tercemar. Sebagian kuman dihancurkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus dan mencapai jaringan limpa, plak peyeri, hati dan bagian-bagian lain. Pada organ tersebut bakteri berkembang dan mengeluarkan toksin (racun) sehingga terjadi peradangan yang mengakibatkan demam.

Apa gejala-gejalanya?
Gejala-gejala yang timbul bervariasi, seperti; demam, nyeri kepala, pusing, nyeri otot, mual, muntah, diare, batuk dan perasaan tidak enak di perut serta kejang. Berikutnya panas badan menjadi tinggi, lidah kotor di tengah, tepi ujung merah dan tremor, gangguan kesadaran, mengigau, sampai koma, detak jantung melemah, kondisi psikis bingung.

Apa Akibatnya?
Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit typus dapat menyebabkan; komplikasi pembuluh darah jantung, anemia, radang paru-paru, radang hati, ginjal, tulang. Dapat menyebabkan kematian pada penderita karena septicemia, gagal jantung, gagal ginjal atau pneumonia.

Bagaimana pengobatannya?

Pengobatan Mandiri
Pengobatan mandiri di rumah dapat dilakukan dengan cara:

  1. Istirahat dan jangan banyak bergerak, jaga kebersihan tempat tidur, pakaian dan peralatan yang dipakai pasien.
  2. Diharuskan makan makanan yang lembut (bubur) dan mengandung Vitamin, Protein, Karbohidrat dan lain-lain.
  3. Hindari makanan yang keras, beraroma pedas dan asam.
  4. Hindari minuman yang dingin
  5. Gunakan Herbal Typus (PLASHITABA)
  6. Konsumsi Ramuan Cacing

Ramuan Cacing

Cacing kalung atau dalam bahasa ilmiahnya Pheretima aspergillu, telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia tentang keampuhannya menyembuhkan penyaki Tifus.

Dari 1800 spesies cacing (Piogama), hanya dua spesies cacing yang sering dijadikan obat tradisional, Yaitu Cacing Eropa atau Introduksi (Lumbricus rubellus) dan Cacing Kalung atau Long(Pheretima aspergillum).

Dalam kasus penyakit tifus, ekstrak cacing tanah bisa bekerja dari dua sisi, yaitu membunuh bakteri penyebabnya sekaligus menurunkan demamnya.

membuat ramuan dengan bahan dasar cacing kalung.

Bahan per ½ gelas atau 100cc:

  1. Cacing kalung (bisa dicari di tanah yang lembab) 5 ekor.
  2. Telur ayam kampung/telur bebek 1 biji,
  3. Madu 2 Sendok Makan
  4. Pegagan (Antanan) secukupnya.

Pengolahan:

  1. Cuci cacing kalung sampai bersih, buang kotorannya sehingga yang tersisa hanya kulitnya saja. Blender sampai halus dengan Pegagan kalau perlu dikasih air sedikit saja hanya untuk membantu ketika proses blender. Kalau nggak punya blender di tumbuk saja sampai halus atau pinjem tetangga.:)
  2. Untuk telur ayam/bebek, ambil hanya kuning telurnya saja, kocok sampai keliatan membusa, ketika di kocok masukan cacing campur pegagan yang telah halus tadi, lalu tambahkan juga madu, tambah air hangat sedikit.

Manfaat:

-   Cacing kalung; untuk membunuh bakteri tifoid dan menurunkan panas

-   Telur; berisi protein untuk menambah tenaga

-    Madu; berisi banyak vitamin untuk memperkuat pertahanan tubuh

-    Antanan; menghangatkan tubuh.

Obat Herbal

Untuk membunuh bakteri penyebab typus sekaligus demamnya gunakanlah Herbal Typus (obat herbal yang dibuat dari ekstrak Lumbricus Rubellus) mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan penderita typus, yaitu; Protein tinggi 76%, Karbohidrat, Enzim dan lain-lain. Hasil penelitian Prof. Dr. Dondin Sajuthi (Jurusan Kimia FMIPA IPB) Ekstrak Lumbricus Rubellus (Herbal Typus) mengandung asam yang bekerja pada dua sisi dalam pengobatan Typus, yaitu; membunuh bakteri penyebab typus (Salmonella Typhi) dan sekaligus menurunkan demamnya. Herbal Typus berbahan alami sehingga aman untuk segala usia.

Dosis pemakaian Herbal Typus untuk penderita Typus:
Pengobatan
Anak-anak       : 3×3 kapsul/hari
Dewasa           : 3×5 kapsul/hari

Pemulihan
Anak-anak       : 3×2 kapsul/hari
Dewasa           : 3×3 kapsul/hari

Pencegahan    : 1×2 kapsul/hari

Pengobatan Medis
Jika terjadi gejala typus, segera hubungi rumah sakit, puskesmas atau dokter. Patuhi apa yang disarankan medis agar terhindar dari bahaya sakit yang lebih parah. Minumlah obat sesuai dengan ketentuan secara disiplin. Untuk mempercepat proses penyembuhan, 1/2 jam setelah meminum obat dari dokter bisa dikombinasi dengan meminum Herbal Typus, ini akan mempercepat proses reaksi dan penyerapan obat ke dalam tubuh, tanpa mengurangi efektivitas kerja obat.

Semoga Cepat sembuh.^_^

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s